May 19, 2024

Spiritualitas Kerja dalam Iman Kristen – KTB Karir VI

0

Pada pertemuan ini peserta terlebih dahulu belajar bahwa pekerjaan merupakan pemberian dari Tuhan.

Pekerjaan bukanlah sesuatu yang menjadi kebutuhan. Kita tidak bisa tidak bekerja karena Allah kita adalah Allah yang bekerja.

Peserta juga belajar dari contoh-contoh film berikut. Terlebih dahulu, kak Gladys bertanya kepada peserta dari manakah sumber inspirasi film ini? Sumber inspirasi itu datangnya dari Roh Allah atau roh si jahat. Jikalau kita mengkonsumsi sesuatu coba lihat apakah itu dari Roh Allah atau dari si jahat, jadi berhati-hatilah mengkonsumsi suatu karya!

Kita bisa mengetahui sebuah karya yang sumbernya dari Roh Allah dengan melakukan penilaian; apakah hasilnya menjadi berkat? Apakah sebuah karya itu dapat menolong orang lain? Dapatkah karya itu membuat orang lain datang kepada Tuhan? Jika sebaliknya, inspirasi itu datangnya dari si jahat.

Peserta juga melakukan PA dari Pengkothbah 1:1-11 tentang Kesia-siaan.

Dalam bekerja apakah tujuannya untuk mencari uang? Kita tidak akan puas jikalau kita bekerja untuk uang (memenuhi ambisi pribadi). Sebab, cinta akan uang adalah akar dari segala kejahatan. Adalah hal yang salah sebagai anak-anak Tuhan yang dibina, kita mencari-cari tempat pekerjaan dimana tempat itu mempunyai gaji yang besar.

Kita harus bisa meredefisi arti sukses. Suskes yang sesungguhnya adalah ketika kia mengerjakan dan memenuhi panggilan Allah bagi setiap kita. Kita haruslah berkarya terhadap apa yang Tuhan mau untuk kia kerjakan.

Berkarya pasti bekerja, namun bekerja belum tentu berkarya. Panggilan bukanlah mengenai profesi, tetapi visi yang Allah taruhkan bagi setiap kita. Salah satu cara mengenali panggilan Allah adalah dengan menjaga hubungan pribadi dengan-Nya secara intim. Banyak bergumul Bersama Tuhan bukan berjalan sendiri.

Bagaimana agar kita mengetahui panggilan/kehendak Tuhan bagi kita?

  • Ujilah dengan disiplin rohani, berdisiplin rohani jangan mengandalkan mood, jika enak hati ataupun tidak tetaplah disiplin!
  • Bertanya kepada orang yang memiliki spritualitas yang baik
  • Taat terhadap prinsip-prinsip dasar firman Tuhan
  • Pilihlah pekerjaan dimana pekerjaan itu bukanlah pekerjaan yang menindas orang miskin, pilihlah pekerjaan yang positif dan membangun.

Lalu apa yang harus kita lakukan dalam masa menunggu? Kita harus terus bergumul bersama Tuhan. Hikmat Tuhan memberikan inspirasi kepada kita untuk melakukan sesuatu. Artinya, ada keseimbangan dari pergumulan dan spiritualitas yang tetap terjaga. Kekristenan bukan bermeditasi dibawah pohon, namun Tuhan kita temukan dalam aktivitas-aktivitas kita.

Puji Tuhan KTB berjalan dengan lancar. Materipun sangat baik dipaparkan dan diterima dengan baik. Kiranya peserta mengaplikasikan setiap hal yang di dapat melalui KTB ini. Soli deo gloria!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *