May 19, 2024

Pada pertemuan ini peserta membahas mengenai Teologi Kerja bersama Pdt. Marito, S.Th.

Perspektif Alkitab mengenai bekerja terdapat di dalam perjanjian lama dan perjanjian baru. Dalam perjanjian lama kita melihat bahwa bekerja merupakan karakter Allah. Kita bisa melihat dari kisah penciptaan, kisah dua loh batu, dan banyak lagi karya Allah sampai saat ini yang membuktikan bahwa Allah kita adalah Allah yang terus bekerja.

Allah juga memerintahkan umat-Nya untuk bekerja. Bekerja merupakan hal yang positif. Namun, sejak manusia berdosa pekerjaan menjadi berat dan membawa pada pengorbanan dan penderitaan.

Dalam Perjanjian Baru kita juga menemukan bahwa Allah terus bekerja dalam segala sesuatu (Yoh 5:17, Roma 8: 28). Dalam tokoh PB kita melihat bahwa Paulus yang menulis 13 surat kepada Jemaat membuktikan bahwa Paulus merupakan pribadi yang terus bekerja.

Bekerja adalah perintah Allah bagi kita, maka haruslah dilakukan. Peserta juga diingatkan untuk senantiasa bekerja untuk kekekalan dan mempunyai dampak bagi sesama.

Peserta juga dipahamkan cara mengharmonisasikan hidup dan pekerjaan (bekerja keras, tetapi tidak memberhalakan pekerjaan), ada waktu beristirahat namun tidak dibenarkan untuk menjadi malas).

Kolose 3:23
Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Terpujilah Tuhan untuk KTB ini, kiranya setiap peserta senantiasa terus ingat dan mengaplikasikan firman di dalam kehidupan pribadi lepas pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *