July 19, 2024

Pelatihan Pemuridan – Kehidupan yang Mewariskan Keteladanan Bermakna

0

Pada pertemuan Rabu, 24 Agustus 2022 pelatihan pemuridan dihadiri sebanyak 16 peserta. Peserta terlebih dahulu diajak untuk melihat kondisi pelayanan khususnya pengerjaan kelompok kecil yang kurang baik di KMK USU.

Matius 5: 48, “Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna”. Allah menyuruh kita untuk mengerjakan kesempurnaan.

Sebagai PKK, kita harus mengarahkan adik-adik kita suatu penghormatan dan kasih mereka kepada Kristus. Dalam Filipi 2:3-8, 21 kita melihat bahwa jemaat Filipi ada perselisihan, namun ketika kita melihat di dalam Filipi 4, Paulus senantiasa bersukacita. Mengapa Paulus dapat bersukacita di tengah kondisinya yang sulit?

Kita harus bisa membedakan antara kebahagiaan dan sukacita. Kebahagiaan itu dipengaruhi oleh situasi/keadaan yang menyenangkan atau yang kita harapkan, sedangkan sukacita tidak selalui dipengaruhi oleh keadaan.

Hal inilah yang dirasakan Paulus. Sekalipun dia di penjara, Paulus senantiasa bersukacita karena di penjara ada injil yang diberitakan.

Pemberian dari Allah yang menghibur dan menguatkan sekalipun dalam situasi yang tidak enak, inilah sukacita itu.

Di dalam jemaat Filipi ada perpecahan, yakni perselisihan antara Eudia dan Sintikhe. Kemungkinan besar permasalahan mereka mengenai persoalan hati. Apa yang menjadi bagian kita? Kita seharusnya menjadi teladan yang mempersatukan. Kalau satu orang dipuji, kita harus usahakan yang lain agar mendapatkan pujian. Mengenal Yesus Kristus jelas tidak boleh disandingkan dengan yang lain, tidak boleh dinomorduakan. Alkitab merupakan Firman Tuhan, pastikan jangan menomorduakannya.

Ada bagian Tuhan kasih gratis, ada bagian dimana Tuhan ingin kita berjuang, maka dari itu kejar panggilanmu! Kalau Tuhan izinkan penderitaan bagi kita, jangan lari! Teladan dalam penguasaan diri dimulai dari pengajaran yang sehat.

Pengajaran sehat adalah pengajaran yang mengacu kepada Yesus Kristus. Pengajaran yang sehat menghasilkan murid Kristus yang kuat. Waktu adalah pemberian mahal dari Tuhan yang sering kita anggap murahan, 1 jam menonton drakor berarti 1 jam dibuang untuk pelayanan bagi kemuliaan Tuhan.

Kehidupan yang mewariskan keteladanan yang bermakna tidak usah buru-buru dinilai dari hal-hal yang fenomenal (kelihatan), mulai saja dari hati yang murni, tulus, dan rendah hati bahwa tidak ada (orang/benda) apapun yang dapat menduakan Yesus Kristus di hatimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *