June 13, 2024

Pelatihan Pemuridan: Dinamika dan Kreativitas Kelompok Kecil

0

Dinamika dan Kreativitas Kelompok Kecil

Seorang murid adalah mereka yang mengerti dan melakukan firman Tuhan di dalam hidupnya. Kelompok kecil merupakan sarana efektif untuk mempersiapkan murid yang sejati. Namun, terlebih dahulu PKK lah yang terlebih dahulu menjadi seorang murid sejati.

Jemaat mula-mula teguh dan kuat di dalam iman mereka Ketika mereka tekun di dalam pengajaran rasul-rasul, berdoa, bersekutu, dan bersaksi bagi sesame (Kis 2:41-47). Keempat komponen inilah yang harus terus kita kerjakan di dalam pemuridan di dalam kelompok kecil dalam rangka pembentukan karakter seorang murid.

Dinamika Kelompok Kecil:
Gerak atau kekuatan kelompok (terkait dengan interaksi, perilaku, relasi, proses, keunikan pribadi/kombinasi) yang memberikan pengaruh kepada orang-orang di dalam maupun di luar kelompok kecil tersebut bertumbuh semakin serupa dengan Kristus. Adapun tujuan interaksi di dalam dinamika kelompok ini adalah mempertahankan kelompok agar tetap utuh, terpadu, berfungsi dengan baik serta mempertahankan kelompok agar dapat melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Prinsip dinamika kelompok kecil adalah mencakup :

  • Pengajaran, yakni menjadikan firman Allah menjadi dasar sebuah kelompok kecil yang bertumbuh.
  • Penyembahan, yakni respon kita terhadap pengajaran Firman.
  • Pengajaran dalam kelompok kecil membuat kita semakin mengenal Tuhan dan menyembah-Nya dan menghargai-Nya.
  • Persekutuan, dimana sesama anggota kelompok menceritakan kebutuhan, masalah, kegagalan, kesenangan.

Hal ini merupakan bagian yang penting karena membuka pintu bagi Allah dalam menolong dan menyembuhkan serta dapat merasakan kasih dan penerimaan dalam kelompok. Misi berarti menjadi saksi Kristus bagi orang lain, apabila kelompok giat dalam misi, persekutuan akan diperkuat.
Kiranya melalui materi ini peserta yang juga merupakan seorang PKK dapat mengembangkan kreativitas dalam dinamika kelompok kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *