June 13, 2024

Pelatihan Pemuridan : Kehidupan yang Bijaksana

0

Terlebih dahulu peserta belajar dari 1 Samuel 15:1-23 mengenai ketidaktaatan.
Mungkin bagi kita ini merupakan hal yang sepele, namun jika melihat ayat 1 hingga ayat 23 ini justru ini merupakan masalah serius bagi Tuhan. Dari sini kita melihat bahwa

ketidaktaatan selalu menimbulkan konsekuensi, meskipun Allah mengampuni.

Maksud Saul mempersembahkan korban kepada Tuhan, namun dari sini kita bisa belajar bahwa ternyata maksud dan niat baik kita tidak selalu menyenangkan hati Tuhan.
Suku Amalek adalah keturunan Amalek. Amalek sebagai founding father adalah cucu Esau. Suku pertama yang menentang Allah dan bangsa Israel di padang Gurun (Kel 17: 8-13).
Kita hidup di zaman yang sudah ada hak asasi manusia. Siapa penentu yang paling sah (paling adil dan benar) untuk membumihanguskan suatu bangsa? Tuhan!
Ini yang tidak kita tahu, bagaimana pertimbangan Allah sehingga memutuskan bahwa suatu bangsa

Peserta juga belajar dari Lukas 9:24-25. Dari kitab ini kita belajar bahwa menjadikan pencapaian kebahagiaan dan kesenangan di atas segalanya akan membawakan kekecewaan, kerugian, dan penyesalan. Kalupun tidak, kekosongan batin akan melanda jiwa kita.

Mengutamakan jalan hidup dalam persekutuan dengan Yesus, tetap dalam ketaatan pada Firman-Nya, akan mendatangkan hidup dan sukacita sejati, sekarang ini dan selamanya.

Perhatikan pilihan apa yang kita pilih dan perhatikan keputusan apa yang kita katakan. Dari Kolose 3:1-3 kita belajar bahwa memikirkan perkara yang “di atas” menunjukkan posisi yang lebih tinggi dari dunia ini “di bawah”. Karena itulah “di atas” menjadi tata nilai yang membentuk sikap dan kepribadian kita untuk “ke atas”.

Allah adalah kasih. Kasih itu tidak bisa diam sendiri, sifatnya natur. Kasih itu “keluar” dari dirinya.

Setiap orang yang sudah mengalami kasih Allah melalui Yesus Kristus, kasih itu yang berkata-kata, menggerakkan, berkembang, dan meluas.
Yesus memandang kasih sebagai syarat dasar dari semua pelayanan Kristus. Memang diperlukan kualifikasi lainnya, tetapi kasih akan Kristus dan sesama sangat diperlukan.
Puji Tuhan pelaihan berjalan dengan lancar, kiranya peserta mengaplikasikan apa yang didapat melalui pembelajaran ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *