June 13, 2024

EKSPOSISI YUNUS : Panggilan Untuk Menyelamatkan Bangsa Lain

0

Menjadi seorang alumni tentulah memiliki tantangan yang sangat besar bagaimana alumni-alumni KMK USU tetap menjaga imannya kepada Kristus dan memperjuangkan hidup yang berkenan di hadapan Allah serta berkat kepada sesamanya. Ketaatan dan kesetiaan alumni KMK-USU akan teruji melalui pengalaman hidup yang dialaminya yang tentunya membutuhkan komitmen dan keteguhan hati kepada Kristus. Meskipun kita menjalani kehidupan dan pergumulan yang berbeda-beda, prinsip Tuhan untuk membentuk anak – anak Tuhan tetap sama dari dahulu sampai sekarang. Itu sebabnya Alkitab yang telah ada ribuan tahun tetap dapat kita mengerti dan relevan sampai masa kini. Dan kita tidak akan mungkin bisa taat kepada Allah tanpa pembelajaran Firman Tuhan yang benar dan doa setiap harinya.

Setiap zaman memiliki kisah keberhasilan sendiri dan setiap zaman memiliki cara – cara sendiri dalam mengagungkan kisah keberhasilan tersebut. Seperti 2 tahun terakhir ini keberhasilan tokoh-tokoh penemu vaksin COVID-19 dan obat-obatan terkait. Juga demikian halnya dengan kisah tokoh – tokoh besar di Alkitab yang dapat kita baca dan kita teladani imannya. Misalnya tokoh Yunus yang kisahnya dapat kita baca di dalam Yunus 1 s/d Yunus 4.

Kitab Yunus menceritakan pertobatan bangsa Niniwe yang seyogiyanya bukanlah umat Tuhan namun pelajaran dari sejarah ini justru ditujukan bagi umat Allah itu sendiri. Secara tidak langsung kitab ini menceritakan bagaimana umat Israel sebagai umat Allah justru gagal menjadi teladan dan harus belajar mencontoh bangsa yang tidak mengenal Allah. Allah memakai Niniwe untuk mendidik Israel, menyadarkan panggilan mereka sebagai umat Allah untuk memberitakan Injil kepada bangsa yang tidak mengenal Allah.

Bukankah hal ini juga menjadi perenungan yang sama bagi kita sebagai orang – orang yang telah ditebus oleh Kristus ? Israel mengklaim dirinya sebagai umat Allah dan mereka bangga dengan status tersebut, namun hidup mereka justru jauh dari Allah. Demikian dengan kita yang juga mengklaim diri sebagai “orang percaya”. Berapa banyak kita yang turut bangga dengan anugerah keselamatan yang telah Tuhan berikan, bangga dengan status sebagai orang Kristen ataupun Murid Kristus namun hidup jauh dari Allah.

Untuk itu, kita menginisiasi  sebuah program pembinaan dalam kelompok besar bagi sahabat-sahabat alumni KMK – USU dimanapun berada saat ini. Pada bulan ini kita mengangkat topik “Eksposisi Yunus : Panggilan Untuk Menyelamatkan Bangsa Lain” dimana Alumni KMK USU belajar bahwa Anugerah Keselamatan tidak pernah berhenti pada bangsa/suku sendiri, alumni KMK USU belajar bahwa Allah menyelamatkan dan memanggil mereka untuk diutus menyelamatkan bangsa/suku lain melalui bagian apapun yang Tuhan percayakan, alumni KMK USU didorong untuk mewartakan anugerah keselamatan kepada orang yang berbeda suku/bangsa/agama lain.

https://www.youtube.com/watch?v=6FKbichgZKY&list=PLv_L2VOxng79s8Y3gy1r9h9HixDG9j9ya&index=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *