June 13, 2024

Kolose 3:1-4
Oleh : Ir. Armand Barus, Ph.D

Di mana Allah saat wabah pandemi Corona Virus Disease 2019 (covid-19)? Salahkah bertanya demikian? Tidak. Melihat begitu banyak korban jiwa berjatuhan disebabkan virus corona, wajar bertanya di mana Tuhan? Telaah cermat terhadap Kolose 3:1-4 memperlihatkan relasi Kristus dan orang percaya yang tak terpisahkan. Ketidakterpisahan orang percaya dan Kristus tampak jelas tergambar dalam semua karya dan pekerjaan Kristus dahulu, sekarang dan akan datang.

1. Kamu telah mati bersama Kristus (ay. 3)

Kebersamaanmu dengan Yesus dimulai di kayu salib. Di sanalah dosa-dosamu diampuni-Nya. Yesus mati di kayu salib untuk dosa-dosamu. Kamu seharusnya dihukum mati karena dosa- dosamu. Akan tetapi Tuhan Yesus menggantikanmu untuk mati di kayu salib. Semua ini dilakukan Tuhan Yesus oleh karena ia sangat mengasihimu. Tuhan Yesus mati di kayu salib sebagai ganti dirimu. Akan tetapi pada hari ketiga Yesus bangkit dari antara orang mati. Maut dikalahkan. Yesus mati di kayu salib supaya kamu yang mati karena dosa-dosamu memiliki hidup oleh imanmu pada Yesus.

2. Kamu telah dibangkitkan bersama Kristus (ay. 1)

Kamu tidak hanya disalibkan bersama Yesus. Ada yang lebih luar biasa. Kamu dibangkitkan bersama Yesus! Apa artinya? Apakah kamu sekarang berada di surga? Tidak. Apakah kamu telah menerima tubuh kebangkitan? Tidak juga. Kamu dibangkitkan bersama Yesus berarti relasimu dengan Allah dipulihkan. Kematian sebagai akibat dosa telah memutus hubunganmu dengan Allah. Kamu menjadi musuh Allah. Akan tetapi, kamu telah dibangkitkan bersama Kristus berarti kamu turut serta mengalami kuasa kebangkitan Yesus. Kuasa kebangkitan Yesus yang dahsyat itu sekarang bekerja dalam hidupmu. Siapa yang membangkitkanmu? Kata kerja pasif ’telah dibangkitkan’ menyingkapkan bahwa kebangkitan bersama Yesus adalah karya Allah. Itu pekerjaan Allah dalam hidupmu.

Bila kamu telah dibangkitkan bersama Yesus, ada dua bentuk tindakan yang harus terus-menerus kamu kerjakan selama hidupmu. Pertama, carilah perkara surgawi (ay. 1). Kedua, Pikirkanlah perkara surgawi (ay. 2). Sebagai bukti kamu telah dibangkitkan, carilah dan pikirkanlah setiap hari. Mencari dan memikirkan perkara surgawi berarti engkau mengarahkan hidup kepada Kristus Perkataan dan perbuatan hidupmu mencerminkan hidup Kristus. Kehendak Kristus menjadi kehendakmu.

3. Hidupmu disembunyikan bersama Kristus (ay. 3, 4)

      Hidupmu bersama Kristus sekarang masih tersembunyi. Kamu tidak melihatnya. Saat ini kamu hidup dalam penantian kedatangan Yesus kedua kali pada akhir zaman (parousia). Hidup diantara kebangkitan dan kedatangan Yesus yang kedua merupakan hidup yang tersembunyi. Siapa yang menyembunyikannya? Bentuk pasif kata kerja ’disembunyikan’ menunjukkan bahwa penyembunyian sementara ini adalah karya perbuatan Allah. Kepada siapa disembunyikan? Apa yang disembunyikan? Apakah hidup baru bersama Kristus itu yang disembunyikan? Tidak. Justru hidup baru itu sedang kamu saksikan kepada dunia. Saat ini hidup yang disembunyikan baik kepada dunia maupun orang Kristen adalah kemuliaan hidup bersama Kristus. Kemuliaan hidup bersama Kristus ini tidak tampak sekarang.

4. Kamu akan dimuliakan bersama Kristus (ay. 4)

Hidup yang mulia bersama Kristus saat ini masih tersembunyi. Akan tetapi, ketika Yesus datang kedua kali hidup itu akan disingkapkan. Ketika saat itu tiba kamu akan turut bersama dalam kemuliaan Kristus. Ketika Yesus datang dalam segala kemuliaan-Nya, kamu juga turut dimuliakan. Pada hari Yesus menyingkapkan kemuliaan-Nya, kamu akan menerima tubuh kebangkitan yang mulia (Flp. 3:20-21).

Keterhubungan orang percaya dan Kristus semakin dikuatkan dengan frasa ’bersama Kristus’ yang berulang kali muncul dalam pasal yang relatif singkat. Kata depan ’bersama’ digunakan untuk menggambarkan persekutuanmu dengan Kristus yang sangat erat. Hidup orang percaya baik di dunia sekarang maupun di surga kelak adalah hidup bersama Kristus.

Di manakah Tuhan saat pandemi Covid-19? Tuhan Yesus hidup bersamamu. Apakah kamu positif terinfeksi virus corona? Tuhan Yesus bersamamu. Apakah engkau sembuh dari virus corona? Yesus bersamamu. Apakah engkau tidak sembuh? Tuhan Yesus bersamamu. Virus corona tidak sanggup memisahkanmu dari Yesus. Kematian pun tidak mampu memisahkanmu dari Yesus. Hidupmu sekarang sampai selama-lamanya adalah hidup bersama Kristus. Saat ini Tuhan Yesus hidup bersamamu berjalan melintasi badai pandemi covid-19. Jangan takut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *